SEJARAH PERMUSUHAN THE JAK DAN VIKING

http://rcm.amazon.com/e/cm?t=bannymagz-20&o=1&p=12&l=ur1&category=amazonmp3freesongsspecialdeals&banner=0CR771DMNNKH84WJGYR2&f=ifr

Gambar

Masih hangat di telinga kita, tentang kematian supporter persija jakarta dan persib bandung. yang diakibatkan bentrokan supporter antara kedua belah pihak. berikut adalah informasi yang saya dapatkan dari teman saya yang juga seorang bobotoh viking, tentang sejarah permusuhan the jak-viking:

"perseteruan antar supporter persija-persib, sudah berlangsung lama. tepatnya sejak tahun 2000, yaitu bertepatan dengan Liga Indonesia ke-6 berlangsung. saat itu pada putaran liga pertama,sekitar 6 buah bis supporter persib datang ke lebak bulus dan masuk lewat tribun timur. dan terdiri dari banyak unit supporterseperti BALAD BANDUNG, JURIG, STONE LOVERS, ABCD, VIKINg, dan lain-lain.saat itu yang terbesar masih BALAD PERSIB. meski sempat nyaris terjadi gesekan dengan the JAK, tapi alhamdulillah tidak terjadi bentrokan yang lebih luas.justru kita supporter persib, bergerak ke arah Jakmania untuk berjabat tangan. Gua inget banget yel-yel kita waktu itu: "ABCD.... Anak Bandung Cinta Damai....". selesai pertandingan suporter persib juga didampinga the jak, menuju bus dan the jak mengikuti denghan menyanyikan lagu "halo-Halo Bandung".

penerimaan the jakmania membuat kita (viking) berniat untuk mengundang the jak datang ke bandung saat putaran ke 2. dialog berlangsung lancar, karena salah seorang pengurus the jakmania yang bernama Erwan,rajin ke bandung buat bikin kaos.hubungan erwan dengan Ayi Beutik (komandan viking) juga konon akrab banget. melalui Erwan juga lah viking menyatakankeinginannya untuk mengundang dan m,enyambut the jakmania di bandung. meski kita sendiri masih khawatir dengan sikap bobotoh yang lain. nah ajakan viking itu langsung ditanggapi dengan positif oleh the jakmania yang memang sudah punya niat juga buat melakoni partai tandang. kemudian dibentuklah perencanaan, salah satunya dengan mengundang sekum dan bendahara umum saat itu yaitu sdr faisal dan sdr danang. mereka dir\tugaskan untuk melobi panpel persib dari mulai masalah tiket sampai tribun untuk the jalkmania. kebetulan danang lagi di kuliah di bandung sehingga tempat kost-nya jadi basecamp the jakers di sana.

karena saat itu the jak tidak sebesar sekarang, jadi untuk mengkoordinir anggota saat laga tandang pun mereka belum berpengalaman. alhasil banyak anggota yang bandel, daftar pada hari-H nya. jumlah yang tadinya cuma 400 orang membludak menjadi 1000 orang lebih! bayangin gimana pengurus the jakmania nyari bus buat ngangkut sebegitu banyak orang. akibatnya the jakmania baru berab\ngkat jam 12 siang. itu pun juga terpecah menjadi 3 rombongan. keberangkatan the jakmania sendiri juga masih diliputi keraguan, apakah dapay tiket atau tidak. Tim Advance yang diutus dapat kesulitan untuk mencari tiket. 4 hari sebelumnya sudah terjadi kerusuhan di stadion siliwangi akibat distribusi tiket yang kurang lancar. ada seorang vikers (anggota viking) yang mengusulkan the jakmania untuk hadir dalam acara khusus pertemuan tim dengan supporternya. faisal, danang, dan budi, ambil keputusan untuk hadir di acara itu. di sana mereka sempat bertemu walikota bandung, kapolres, ketua panpel,dan ketua keamanan. mereka semua menjamin bahwa the jakmania akan bisa masuktiket akan disiapkan khusu. paling tidak itulah info yang gua dapet dari tim advance the jakmania.

saat bis pertama tiba di stadion siliwangi, viking siap menyambut dan mempersilakan masuk ke stadion, padahal tiket belum di tangan. akhirnya hal yang dikhawatirkan viking terjadi. perlahan lahan makin lama makin banyak bobotoh nyamperin the jakmania dengan sikap yang tidak simpatik. melihat gelagat buruk ini viking meminta the jak untukj keluar dulu dari stadion sambil menunggu rombongan the jak yang lain.sembari menunggu, gua dan beberapa rekan dari the jakmania melaksanakan sholat asar dulu.ketika selesai sholat, keadaan ternyata semakin memburuk. rekan-rekan kita dari the jakmania mendapatkan pukulan di sana-sini. bahkan salah satunya ada yang tersungkur berlumuran darah. melihat situasi ini the jak kembali diungsikan semakin menjauh dari stadion.

rombongan besar 8 bus akhirnya tiba juga. tapi karena terlambat stadion siliwangi sudah penuh. lagipula kita juga tidak berhasil mendapatkan tiket. panpel kelihatan salah tingkah, mereka berusaha mengumpulkan tiket dari calo-calo di sekitar stadion, namun jumlahnya tetap tidak memadai, hanya sekitar 300 lembar. sementara boboth yang masih berada di luar juga mulai melakukan serangan terhadap the jakmania. gua sempat mencoba menenangkan dan cek cok dengan seorang rekan bobotoh yang ngambil dengan paksa kacamata anggota the jakmania. bobotoh itu bilang kalau dia kesal sama anak jakarta, karena mereka diperlakukan tidak simpatik saat menyaksikan pertandinga persijatim vs persib di lebak bulus. bobotoh itu tidak mau tahu kalau persijatim beda dengan persija.

gua lalu ambil inisiatif tuk nyari rombongan pertama the jakmania yang datang duluan, dan mengajak mereka untuk gabung dalam rombongan besar. di sana gua minta maaf pada semua anggota the jak karenagagal membawa rombongan masuk ke stadion dan pulang dengan aman.di situ dari panpel juga sempat minta maaf.namun kondisi tidak bisa diterima oleh semua rombongan. bahkan mereka juga tidak mau menjabat tangan gua dan orang viking lainnya, yang masih setia mengawal meski pertandingan sudah berlangsung.

ketika rombongan hendak pulang, tiba-tiba the jakmania diseranglagi oleh bobotoh yang masih nunggu di luar stadion. kondisi ini jelas tidak bisa diterima oleh the jak. akhirnya the jakmania membalas perlakuan mereka. jumlah (oknum) bobotoh di luar stadion masih ratusan, sehingga terjadilah bentrokan hebat yang mengakibatkan pecahnya kaca-kaca mobil akibat lemparan dari kedua kubu.ketika polisi datang keributan mulai mereda, dan the jakmania pun mulai beranjak pulang.

saat itu lah api dendam dan permusuhanterus berkobar di kedua belah pihak.

(next post.... keributan di kuis siapa berani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s