DEMOKRASI YANG BIKIN KRAZI

LinkShare Referral Program

Saat berangkat ke tempat kerja, saya banyak melihat bendera partai menghiasi tempat-tempat yang bisa dibilang strategis di kotaku. Emang udah mulai kampanye ya? Atau jangan-jangan KPU punya wacana untuk memajukan jadwal pemilu? Entahlah, yang pasti ini lah potret demokrasi Indonesia. Saat keindahan kota yang pernah mendapat adipura ini semakin dipercantik dengan bendera bergambar logo-logo partai.

Kita bergeser sedikit ke barat di Jakarta. Dimana para tukang las mendapat pekerjaan borongan untuk mengelas pagar kantor Kementrian Dalam Negeri. Wah pagarnya baru Pak? Kok ada hiasan kawat berdurinya segala? Ya mereka tidak sembarangan mengelas pagar, tapi mereka mengelas pagar kantor itu dengan kawat berduri. Sepertinya demonstrasi yang dilakukan warga Tanah Merah, Plumpang, Jakarta Utara, mampu menyiutkan nyali Gamawan Fauzi dan bawahannya. Warga Tanah Merah menuntut penertiban e-ktp yang kabarnya banyak kesalahan data baik dalam penulisan alamat, tempat tinggal, atau yang lainnya.

Tapi haruskah dengan memasang kawat berduri melingkari pagar kantor mampu menyelesaikan masalah ini? Apakah mereka tidak bisa menemui penuntut dan menduskusikannya ala orang pintar? Apakah untuk ini para petinggi kita digaji? Memang begini ya gaya demokrasinya indonesia?

Bergeser lebih ke barat, yang katanya menjadi kiblat sistem demokrasi. Amerika Serikat. Sama seperti Indonesia, Amerika sudah menganut sistem demokrasi sejak pertama kali memerdekakan diri. Bedanya adalah amerika mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 4 Juli 1776 kalau dihitung-hitung usia Amerika sekarang. Emm… 234 tahun. Ya kalau kita ingin berdemokrasi seperti demokrasinya orang Amerika, logikanya kita butuh 169 tahun lagi untuk mencapai usia sama dengan usia Amerika sekarang. Luama banget abis pastinya. Semoga cucuku atau cicitku kelak bisa merasakan demokrasi seperti yang diimpikan bangsa Indonesia saat ini. Dan yang bisa kita lakukan sebagai manusia Indonesia saat ini, yang kiranya tidak mungkin merasakan demokrasi yang baik, adalah dengan menyembunyikan terompet malaikat Izroil, agar kiamat tak segera datang.

vudu.com Kobo Inc. Booksfree.com
banner USA: 468x60 Domains & Hosting (GIF Banner)banner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s