Bambang Pamungkas Pesepak Bola Terbaik Asia ke-5


Kiprah Bambang Pamungkas di pesepakbolaan tanah air pada tahun 2012, mendapat perhatian dari media kenamaan ESPN. Dalam lamannya, ESPN pada akhirnya memasukkan nama pemain yang identik dengan nomor punggung 20 itu dalam jajaran 10 pemain terbaik Asia pada 2012.

Dalam peringkat yang dirilis, Bepe menempati urutan kelima dan menjadi satu dari tiga pemain Asia Tenggara. Yang menarik, Bepe, berada di atas bek Inter Milan, Yuto Nagatomo. Selain itu, kiper Wigan Atletic Ali Al-Habsi.

Bepe sendiri hanya kalah baik dari pemain Uni Emirate Arab dan Al-Ain, Omar Abdulrahman, pemain Jepang dan Manchester United, Shinji Kagawa, pemain Korea Selatan dan Augsburg FC, Koo Ja-Cheol, dan pemain Korea Selatan dan Ulsan Horangi, Lee Keun-ho.

Kolumnis ESPN, John Duerden mengatakan keputusan menempatkan Bepe di posisi kelima dalam jajaran 10 pemain terbaik di Asia, bukan tanpa alasan. Di sepak bola Indonesia, Bepe telah memberi sesuatu hal bagus untuk sebuah kemajuan.

“Terkadang, tidak hanya soal mencetak gol, meski Bambang telah melakukan hal itu dan mencetak 16 gol untuk klub tercintanya, Persija Jakarta. Ia telah melakukan hal yang lebih dari itu,” tulis John Duerden.

Misalnya saja, Bepe kerap menjadi pembicara untuk permasalahan yang dihadapi pemain, terutama yang haknya tidak dibayar tepat waktu. Bepe juga dinilai memiliki visi dan jiwa kepemimpinan yang baik di dalam negara yang memiliki keterbatasan. “Setidaknya itu ada di dalam lapangan sepak bola.”

“Ia juga telah menunjukkan penetangan terhadap perpecahan di sepak bola Indonesia, yang memiliki dua liga dan federasi sepak bola. Selain itu, ia telah berupaya untuk membuat timnas kembali didukung suporter.”

“Mungkin akan sulit bagi pemain lain untuk mencontoh apa yang telah dilakukan Bambang Pamungkas di atas lapangan, tetapi semua bisa belajar tentang apa yang dilakukan di luar lapangan,” sambung pernyataan John Duerden.

10 pemain terbaik di Asia versi ESPN:

1. Omar Abdulrahman (Uni Emirat Arab dan Al Ain)

2. Shinji Kagawa (Jepang dan Manchester United)

3. Koo Ja-cheol (Korea Selatan dan FC Augsburg)

4. Lee Keun-ho (Korea Selatan dan Ulsan Horangi)

5. Bambang Pamungkas (Indonesia dan Persija Jakarta)

6. Yuto Nagatomo (Jepang dan Inter Milan)

7. Teerasil Dangda (Thailand dan Muangthong United)

8. Amjad Radhi (Irak dan Arbil)

9. Rozaimi Rahman (Malaysia dan Harimau Muda)

10. Ali Al Habsi (Oman dan Wigan Athletic)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s